top of page

Bahan selain Detergen yang dapat menghilangkan Noda

Diperbarui: 7 Jan

Terkadang kita sering kesal saat terdapat noda yang membandel pada sebuah pakaian, bahkan bila pakaian tersebut adalah pakaian Favorit kita. Padalah kita dapat menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita untuk menghilangkan noda yang membandel pada pakaian tersebut.

Hallo Mitra Almega…. Mungkin kita kesal saat mencuci tetapi masih ada noda yang melekat pada pakaian kita,apalagi noda itu melekat pada pakaian favorit kita. Pada situasi seperti ini kita terkena dilemma bila menggunakan terlalu banyak detergen akan mudah merusak serat pakaian, tetapi bila dibiarkan noda pada pakaiannya akan menyebabkan noda menjadi permanen pada pakain.


Nah, kali ini admin akan berbagi informasi yang dapat menanggulangi masalah noda tersebut dalam sebuah artikel “Bahan selain deterngen yang dapat menghilangkan noda pada pakaian”. Yuk kita simak bahan apa saja yang dapat menghilangkan noda tersebut.


1. Air Lemon atau Jeruk Nipis

Air perasan lemon atau jeruk nipis memiliki sifat sebagai pemutih alami pada kain karena kandungan asam asetat yang terdapat di dalamnya. Mitra Almega dapat memakai air perasan lemon ini untuk menghilangkan noda kuning pada pakaian putih. Bisa juga air perasan lemon digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian berwarna, namun harus segera dihilangkan agar warna pakaian tidak luntur.



2. Garam

Sifat abrasif ringan pada garam dapur dapat membantu menghilangkan noda pada pakaian. Mitra Almega bisa memanfaatkan garam dapur dengan menaburkannya di atas noda yang ada pada pakaian dan biarkan beberapa saat untuk menyerap cairan noda tersebut. Lalu sikat sebelum mencucinya.



3. Campuran Air dan Cuka

Air cuka dapat menghilangkan noda kuning dan bau keringat pada bagian ketiak, menghilangkan noda jamur, serta memutihkan dan mencerahkan pakaian. Selain itu, air cuka lebih baik dan aman digunakan daripada produk pemutih pada umumnya. Kamu juga bisa menambahkan 1 cup cuka putih ke bilasan terakhir untuk membuat pakaian terasa lembut dan segar. Manfaat lainnya yaitu air cuka bisa digunakan untuk membersihkan mesin cuci dan menghilangkan bau apeknya.



4. Sabun Cuci Piring

Ingin menghilangkan noda minyak atau minyak yang membandel pada pakaian? Mimin menyarankan untuk meletakkan setetes kecil sabun cuci piring biasa ke noda sebelum Anda mencucinya. Ini akan langsung menargetkan noda dan membantu deterjen Anda melakukan apa yang perlu dilakukan.




5. Baking Soda

Baking soda selain digunakan untuk membuat kue bisa juga digunakan untuk membersihkan noda pada pakaian. Selain mudah didapatkan, baking soda termasuk bahan yang aman digunakan untuk semua jenis kain pakaian Mitra Almega. Baking soda juga bisa bertindak sebagai peningkat kinerja deterjen dengan cara mencampurkannya saat proses mencuci dilakukan. Hasilnya kain terasa lebih lembut dan lebih segar.



6. Maizena

Tepung maizena adalah salah satu bahan dapur yang dapat diandalkan untuk menghilangkan noda pada pakaian terlebih lagi yang mengandung minyak. Kandungan yang terdapat pada tepung yang terbuat dari jagung ini mampu menyerap noda berminyak dan menghilangkannya. Caranya cukup mudah, cukup taburkan tepung maizena di atas noda berminyak dan biarkan selama 10 menit sebelum menggosoknya dan membilasnya dengan air bersih.



7. Acetone atau Penghapus Kuteks

Bila Mitra Almega memiliki Aseton atau Penghapus Kuteks, Mitra Almgea dapat menjadikannya sebagai pembersih baju yang terkena noda. Penghapus kuteks atau yang dikenal dengan nama aseton digunakan terlebih dahulu sebelum kamu membersihkan baju menggunakan detergen.


Teteskan sedikit aseton tepat di atas noda, lalu tepuk pelan permukaan pakaian yang memiliki noda menggunakan kapas atau tisu kering untuk menyerap noda tersebut. Kemudian, siapkan garam dapur dan larutkan ke dalam air dingin, lalu rendamlah bajumu ke dalam larutan tersebut selama 5-10 menit.


Selain tidak memakan banyak biaya, cara menghilangkan noda tinta di baju ini juga cukup praktis dan sangat menghemat waktu. Setelah itu, kamu bisa mencuci baju menggunakan mesin cuci.



8. Pasta Gigi

Bahan rumahan lainnya yang bisa digunakan untuk mengembalikan warna asli pakaian setelah terkena noda yaitu pasta gigi. Jika Pakaian warna putih lain terkena noda, kamu cukup menggunakan sedikit pasta gigi yang disikat perlahan hingga mampu mengangkat noda membandel tersebut. Setelah itu, lanjutkan proses mencuci pakaian seperti yang biasa kamu lakukan sehari-hari.



9. Larutan Alkohol

Larutan alkohol menjadi salah satu rekomendasi cara menghilangkan noda pada pakaian. Mitra Almega bisa menggunakan larutan alkohol untuk membersihkan noda yang sudah lama mengering di berbagai pakaian yang Mitra Almega miliki mulai dari celana, dress, hingga Kaos yang berwarna ataupun yang putih.


Namun Mitra Almega kamu wajib berhati-hati ketika menggunakan alkohol untuk membersihkan baju. Pasalnya, larutan alkohol juga mampu memudarkan warna asli baju bila digunakan berlebihan atau terlalu sering.


Berikut adalah rekomendasi beberapa Bahan selain detergen yang dapat menghilangkan noda pada pakaian dari Mimin. Semoga menjadi Sumber Informasi, Tambahan Ilmu, Referensi dan Pembelajaran serta Bermanfaat untuk Mitra Almega. Apapun jenis Sablonnya tetap pakai Bahan Kaos dan Jaket dari Almegatex untuk meunjang Produk Mitra Almegatex.


Untuk informasi Pemesanan Kain Bahan, Promo dan Konsultasi seputar Kain Bahan Kaos atau Jaket, Mitra Almega bisa Hubungi Whatsapp Official Almegatex Klik Disini. Atau Download E-Katalog Gratis untuk melihat Warna untuk kebutuhan Kain Bahan Kaos atau Jaket yang cocok untuk Produksi dari Mitra Almega silahkan Klik Disini.


Terima Kasih sudah menjadi Mitra Almega dan Berlangganan Bahan Kaos dan Jaket dari ALMEGATEX.

10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page