top of page

Cara Menganalisis dan Menentukan Trends

Diperbarui: 6 Jul 2023

Trends adalah suatu objek yang sedang menjadi perhatian di masyarakat pada era atau masa tertentu. Trends juga mencakup apapun yang sedang digemarin oleh sebagian besar masyarakat pada periode waktu tertentu yang cenderung lama.

Memulai sebuah bisnis memang cukup mudah, tetapi untuk membuatnya laku dipasaran dan bertahan lama membutuhkan kerja keras, skill dan analisis tentang pasar atau customer kita. Ada beberapa soft skill yang wajib dimiliki oleh seorang pebisnis adalah analisis pasar tentang trends yang sedang berkembang di tengah masyarakat agar dapat membuat produk atau jasa yang kita miliki dapat diterima dan bertahan lama. Dengan mengetahui Trends yang ada dapat memunculkan kesempatan-kesempatan untuk memperbaiki produk atau jasa kita menjadi lebih baik lagi dan membuat kita terus untuk berinovasi agar bisnis yang sedang berjalan dapat berjalan dalam jangka waktu yang panjang dan bahkan dapat menjadi bisnis keluarga turun temurun. Berikut adalah beberapa cara menganalisis dan memprediksi Trends yang ada.


1. Membedakan Trends dan Fads


Terkadang sulit membedakan antara Trends dan Fads, tetapi ada perbedaan yang cukup jelas diantara keduanya. Trends memiliki potensi bertahan cukup lama dan lebih dalam masuk ke akar kehidupan masyarakat serta memiliki efek jangka panjang. Fads biasanya hanya muncul sebentar lalu menghilang dengan waktu yang sebentar serta tidak memiliki efek jangka panjang.


Salah satu contoh dari Trends adalah peralihan dari Handphone biasa menjadi Smartphone, sampai saat ini mungkin 99% orang menggunakan Smartphone dibandingkan dengan Handphone biasa. Disini sudah membuktikan kalau Trends ini memang bertahan lama, masuk ke akar kehidupan masyarakat dan efeknya bertahan hingga sekarang bahkan mungkin 10 sampai 20 tahun lagi.

Salah satu contoh dari Fads adalah mainan lato-lato, membuat kopi dalgona dan masih banyak lagi hype yang hanya datang sebentar lalu hilang dalam sekejap.


Dari sini kita dapat membedakan antara Trends dan Fads dengan mudah, kita harus merancang sesuatu dibuat untuk menjadi Trends atau hanya Fads demi keberlangsungan bisnis kita.


2. Baca Trends Report


Terkadang orang-orang ingin mudah melihat dan memprediksi Trends dengan hanya mendengarkan opini dari Influencer yang belum tentu expert/ahli pada bidangnya. Padahal Trends Report dari setiap bisnis dapat kita lihat tanpa kita bepergian kemana saja, hanya perlu berselancar di Internet dengan menggunakan kata kunci yang tepat pada Search Engine dan analisis dari beberapa report dari sumber-sumber yang terpercaya maka kita akan dapat informasi yang bersumber langsung dari data.


Dengan menyerap banyak informasi dari banyak sumber terpercaya maka dapat ditarik kesimpulan dari semuanya dan menjadi bahan acuan untuk melakukan action plan untuk inovasi dan pengembangan bisnis kedepannya.


3. Analisa Marketplace


Sejak tahun 2009 Marketplace pertama masuk ke Indonesia dan menyerap cukup banyak pelanggan di awal kemunculannya, tetapi belum cukup ramai seperti sekarang karena masyarakat masih awam, ragu dan belum terlalu percaya cara berbelanja secara online. Baru pada tahun 2015 menjadi awal yang sangat baik bagi semua marketplace karena banyak masyarakat mulai berbelanja online seiring dengan meningkatnya penggunaan smartphone dan Trends berbelanja online, tetapi pada masa ini belanja online hanya mencakup barang-barang seperti Fashion dan Alat-alat Rumah Tangga saja. Disusul adanya Pandemi Covid-19 pada tahun 2020 yang membuat Pemerintah melarang kegiatan di luar rumah dan mengharuskan masyarakat berdiam diri di rumah untuk melakukan semua kegiatannya termasuk berbelanja. Pada tahun 2020 terjadi Kenaikan Penjualan Online yang sangat tinggi terutama pada Marketplace karena adanya New Normal akibat Pandemi Covid-19 sehingga para penjual beralih cara berjualan dari Offline menjadi Online.


Dari sini kita dapat melihat bahwa Marketplace menjadi sumber yang sangat bagus untuk melihat dan memprediksi Trends selanjutnya karena sudah hampir semua yang berjualan Offline juga memasarkan produk dan jasanya lewat Online. Untuk menganalisa Trends di Marketplace adalah dengan cara melihat fitur Hot Items atau Produk Terlaris, lalu bandingkan hasilnya dengan beberapa Marketplace yang lain untuk mendapatkan hasil analisis yang akurat.


4. Analisa Kompetitor


Kompetitor atau Pesaing dapat menjadi sebuah acuan untuk mengetahui Trends yang sangat baik, pasalnya kompetitor adalah lawan dagang bagi kita yang memiliki produk serupa bahkan mungkin sama. Analisis kompetitor sangat penting karena mungkin analisis yang mereka lakukan akan sama, tetapi jangan asal tiru apa yang dilakukan oleh kompetitor karena kompetitor juga dapat salah dalam menganalisis dan menentukan Trends. Kita hanya perlu mengamati dan mencocokannya dengan data analisis yang didapatkan, dari situ kita dapat mengetahui Trends selanjutnya.


5. Minta Masukan Pelanggan


Pelanggan bisa menjadi sumber informasi untuk menentukan Trends karena memang produk atau jasa yang kita tawarkan harus memenuhi apa yang pelanggan inginkan dan butuhkan. Jangan sungkan untuk meminta saran dan kritikan dari konsumen karena itulah salah satu informasi yang sangat berharga untuk perkembangan bisnis kita. Untuk lebih mudah mendapatkan informasi dari pelanggan saat ini dapat dengan mudah menggunakan Kontak Customer Service, Media Sosial dan Email.


6. Membaca Buku dan Majalah


Membaca buku atau Majalah bisnis dapat menambah ilmu kita disaat memprediksi Trends yang akan terjadi selanjutnya, atau bahkan produk kita yang akan menjadi Trends selanjutnya. Tak cukup sampai disitu, tambahkan Buku dan Majalah tentang produk yang kita jual misalkan bila kita bergerak di bisnis fashion maka harus menambahkan Buku dan Majalah tentang Perkembangan Fashion.


7. Event atau Pameran


Menghadiri Event atau Pameran untuk melihat Trends yang berkembang saat ini sangatlah penting agar kita tau perkembangan-perkembangan terkini untuk dapat menentukan Trends selanjutnya. Disamping itu kita juga dapat bertemu dan berinteraksi serta berbagi informasi dengan orang-orang yang memiliki pengalaman lebih dari kita dan menjalin relasi untuk memperluas hubungan kita.


Berikut adalah 7 langkah diatas adalah cara kita untuk menentukan Trends yang akan berkembang selanjutnya, tetapi untuk apa sih kita harus repot-repot melakukan hal-hal diatas tadi? mari simak Keuntungan mengetahui Trends yang sedang berkembang dan dapat memprediksi Trends selanjutnya.


1. Cepat Laku

Ketika kita dapat menyesuaikan Produk usaha kita dengan Trends yang sedang berkembang, maka sangat besar kemungkinan produk usaha kita akan laku keras di pasaran.


2. Masih sedikit Pesaing

Ketika kita sudah bisa membaca Trends pasar yang berkembang, kita dapat menyiapkan produk yang akan dibutuhkan dipasaran. Kita bisa menghemat waktu produksi dan memperpanjang waktu berjualan kita sebelum Trends itu beralih. Karena masih sedikit pesaing maka peluang produk kita cepat habis dipasaran terbuka luas karena disaat pasar sedang membutuhkan suatu produk, kita sudah menyiapkan apa yang pasar butuhkan.


3. Mudah Terhubung dengan Pelanggan

Kebutuhan pasar sering berubah-ubah seiring dengan berkembangnya Trends yang ada. Bila kita tidak bisa mengikuti Trends yang sedang berkembang maka kita akan terputus dengan pelanggan setia dan calon pelanggan yang potensial. Ketika ini terjadi maka sangat sulit untuk mengembalikannya lagi karena sebagian besar dari pelanggan kita sudah mengecap bahwa kita ketinggalan zaman. Ketika mengikuti Trends yang ada, maka kita terus terhubung dengan pelanggan dan bahkan mendatangkan calon pelanggan yang potensial. Dengan mengikuti Trends yang ada, kita juga dapat mengetahui selera dan harapan konsumen tentang produk kita. Maka dari itu, mengetahui Trends adalah kunci untuk mengembangkan bisnis kita dan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan.


4. Mendapatkan Ide dan Strategi Bisnis

Mengikuti Trends yang sedang berkembang dapat membuat pemikiran kita menjadi lebih terbuka dan sensitif dengan hal-hal baru, ide-ide baru dan strategi baru untuk bisnis agar lebih berkembang.


5. Memiliki Peluang Menciptakan Trends

Menciptakan sebuah Trends adalah sesuatu yang sulit, tetapi beda hal nya bila dengan orang yang Mengikuti Trends & Paham cara Membaca Trends. Bila memiliki skill yang seperti ini besar kemungkinan memiliki Peluang Menciptakan Trends dan kita dapat menjadi Market Leader pada Trends yang diciptakan.


Sekian Artikel bahasan Admin tentang Cara Menganalisis dan Menentukan Trends serta Keuntungannya. Semoga Artikel kali ini dapat menjadi sumber Inspirasi bagi Mitra Almega semua yang sedang merintis Brand nya serta berbisnis di Dunia Fashion. Sekian Ulasan dari Admin semoga menjadi Informasi, Tambahan Ilmu, Referensi dan Pembelajaran serta Bermanfaat untuk Mitra Almega.

Untuk informasi Pemesanan Kain Bahan, Promo dan Konsultasi seputar Kain Bahan Kaos atau Jaket, Mitra Almega bisa Hubungi Whatsapp Official Almegatex Klik Disini. Atau Download E-Katalog Gratis untuk melihat Warna untuk kebutuhan Kain Bahan Kaos atau Jaket yang cocok untuk Produksi dari Mitra Almega silahkan Klik Disini.


Terima Kasih sudah menjadi Mitra Almega dan Berlangganan Bahan Kaos dan Jaket dari ALMEGATEX.



Postingan Terakhir

Lihat Semua

Комментарии


bottom of page