top of page

Istilah-Istilah pada Dunia Kain yang Wajib Diketahui

Dalam dunia kain banyak sekali istilah-istilah yang mungkin sering kita dengar tapi kita tidak tahu artinya. Istilah-istilah tersebut digunakan agar menunjukan professionalitas, pengalaman dan pengetahuan yang mendalam di dunia kain.

Sering kali kita mendengar istilah-istilah bahasa asing pada dunia kain. Istilah-istilah tersebut dibuat oleh para professional untuk menjelaskan sesuatu, kondisi atau keadaan pada dunia kain sebagai cara berkomunikasi.

Dalam dunia kain banyak sekali istilah-istilah yang mungkin sering kita dengar tapi kita tidak tau artinya. Berikut adalah beberapa Istilah-istilah yang ada di dalam dunia kain.


1. No.Lot/Kode Lot

Kode yang berisi data waktu pada sejumlah barang yang diproduksi pada waktu yang sama, bahan yang sama dan hasilnya identik.


2. No. PO

Nomor atau Kode Purchase Order dikeluarkan untuk Order Pembelian pada kain. Dalam satu No.PO terdapat beberapa No.Lot tergantung dengan Order Pembeliannya. Kode ini dibuat oleh penjual untuk dapat dengan mudah melacak bila ada kesalahan pada kain yang dibeli dengan menelusuri No.PO dan No.Lot


3. Kain Stock Lot

Kain sisa kelebihan produksi atau ekspor yang kualitasnya baik tetapi biasanya memiliki motif yang acak dan dengan quantity yang sedikit karena sudah tidak diproduksi lagi.


4. Setting

Ukuran satuan yang menentukan lebar kain, biasanya menggunakan satuan “inch”.


5. Gramasi

Ukuran satuan berat kain dalam gram/meter persegi (m2) untuk menentukan ketebalan kain


6. Kategori Warna

Pembeda untuk menentukan warna kain yang terdapat pada sebuah katalog atau pricelist


7. Shringkage

Penyusutan ukuran atau berat kain setelah dilakukan Treatment (Washing/Pencucian dan Ironing/Setrika) pada kain untuk menentukan Kualitas kain.


8. Quality Control

Pengecekan pada kualitas kain apakah sudah layak dipasarkan dan memenuhi standarisasi perusahaan


9. Tubular

Sebutan untuk kondisi kain yang menyarung atau bulat melingkar saat turun dari mesin


10. Open Finish

Sebutan untuk kondisi kain yang tidak menyarung atau sudah terbelah saat turun dari mesin


11. Handfeel

Test yang dilakukan untuk menentukan kualitas kain dengan cara meraba permukaan kain


12. Accessories

Produk pelengkap untuk membuat kaos, jaket atau polo-shirt


13. Katalog

Buku yang berisi informasi dan daftar jenis-jenis kain beserta warnanya


14. Pricelist

Daftar harga jenis-jenis kain yang ditentukan dari kategori warna nya


Sekian Artikel pembahasan tentang beberapa istilah-istilah yang ada di dunia kain yang sering digunakan dan wajib diketahui untuk menunjukan professionalitas, pengalaman dan pengetahuan yang mendalam tentang dunia kain. Semoga Artikel kali ini dapat menjadi sumber informasi bagi Mitra Almega semua yang sedang merintis Brand nya serta berbisnis di Dunia Kain. Sekian Ulasan dari Admin semoga menjadi Informasi, Tambahan Ilmu, Referensi dan Pembelajaran serta Bermanfaat untuk Mitra Almega.


Untuk informasi Pemesanan Kain Bahan, Promo dan Konsultasi seputar Kain Bahan Kaos atau Jaket, Mitra Almega bisa Hubungi Whatsapp Official Almegatex Klik Disini. Atau Download E-Katalog Gratis untuk melihat Warna untuk kebutuhan Kain Bahan Kaos atau Jaket yang cocok untuk Produksi dari Mitra Almega silahkan Klik Disini.


Terima Kasih sudah menjadi Mitra Almega dan Berlangganan Bahan Kaos dan Jaket dari ALMEGATEX.


Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page