top of page

Apa itu Setting dan Gramasi pada Kain Bahan?

Diperbarui: 26 Des 2022

Setting kain adalah satuan inchi pada sebuah kain yang menentukan lebarnya. Sedangkan Gramasi satuan ukuran berat kain dalam gram/meter persegi (m2).

“Lebar bahan kain combed berapa cm kak?”

“Setting bahan lacoste di Almegatex berapa inch kak?”


Bagi Mitra Almega yang baru memulai berbisnis Kaos atau Membuat Usaha di Bidang Industri Konveksi pasti masih awam dengan Setting atau Gramasi pada Kain. Sebelum memilih bahan untuk keperluan konveksi Mitra Almega, alangkah baiknya terlebih dahulu kamu mengetahui salah satu pengetahuan dasar apa itu lebar, ketebalan dan gramasi pada kain, dengan begitu kamu akan bisa memperkirakan kebutuhan kamu saat membuat pesanan baju maupun kaos. Meskipun hal dasar ini terkadang masih asing bagi beberapa orang, tapi bagi para pengrajin di konveksi, sangatlah penting untuk mengetahui hal dasar tersebut.


Pengertian Lebar pada bahan

Lebar dari 1 roll kain yang dibentangkan (diameter) biasanya diukur dalam satuan “inchi”.


Terkadang banyak orang juga menyebutnya dengan “setting kain.”

Lebar kain pada umumnya di indonesia juga cukup banyak, dimulai dari 34”, 36”, 38”, 40”, 42” dan seterusnya. Jenis lebar kain tersebut biasanya digunakan untuk kain jenis tubular. Kain tubular sendiri merupakan kondisi kain dimana kain masih berbentuk menyarung atau kain yang belum dibelah.


Biasa juga digunakan kain kain dengan jenis single knit.

Pengertian Gramasi pada kain

Gramasi merupakan satuan ukuran berat kain dalam gram/meter persegi (m2). Tiap jenis bahan mempunyai gramasi yang tentu berbeda pula, hal ini disebabkan karna ukuran benang yang digunakan juga berbeda, sehingga menghasilkan gramasi yang berbeda pula.






Gramasi pada bahan kaos

Perlu kalian ketahui bahwa semakin besar satuan ketebalan benang nya maka akan semakin tipis benangnya. Maka dari itu gramasi yang berbeda beda pada jenis bahan ditentukan oleh jenis ukuran benang yang digunakan.


Contoh nya gimana sih min?

Cotton Combed di toko kami mempunyai 3 jenis gramasi,

Cotton Combed 20s = ketebalan kain 190-200 gsm

Cotton Combed 24s = ketebalan kain 170-190 gsm

Cotton Combed 30s = ketebalan kain 150-160 gsm


Dan untuk setting lebar nya sendiri, semua bahan kaos di Almegatex menggunakan lebar setting 42” atau sekitar 106,68 cm.


Mengapa Almegatex lebih memilih untuk menggunakan lebar setting 42 inc?

Selain karena banyaknya peminat setting 42, berikut mimin juga akan share, kelebihan dari menggunakan bahan dengan lebar setting 42”.


Kelebihan menggunakan bahan setting 42”

  1. Bahan sisa tidak banyak yang terbuang.

  2. Hasil potong lebih banyak.

  3. Sangat mudah dalam proses pemotongan.

  4. Tentunya lebih menguntungkan.


Demikian penjelasan Mimin untuk Setting dan Lebar kain Bahan, semoga menjadi Sumber Informasi, Tambahan Ilmu, Referensi dan Pembelajaran serta Bermanfaat untuk Mitra Almega. Apapun jenis Sablonnya tetap pakai Bahan Kaos dan Jaket dari Almegatex untuk meunjang Produk Mitra Almegatex.


Untuk informasi Pemesanan Kain Bahan, Promo dan Konsultasi seputar Kain Bahan Kaos atau Jaket, Mitra Almega bisa Hubungi Whatsapp Official Almegatex Klik Disini. Atau Download E-Katalog Gratis untuk melihat Warna untuk kebutuhan Kain Bahan Kaos atau Jaket yang cocok untuk Produksi dari Mitra Almega silahkan Klik Disini.


Terima Kasih sudah menjadi Mitra Almega dan Berlangganan Bahan Kaos dan Jaket dari ALMEGATEX.

402 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page