top of page

Tips Mencuci dan Merawat Kaos yang Benar

Diperbarui: 20 Jan 2023

Kaos merupakan pakaian yang paling umum dan banyak digunakan di seluruh dunia, bahkan semua orang pasti memiliki kaos. Tetapi tidak semua orang tau cara mencuci dan merawat agar kaos awet, tahan lama dan tidak mudah pudar atau rusak.

Sebelum membahas lebih jauh, seperti yang sebelumnya dijelaskan. Kaos merupakan pakaian favorit paling umum yang sering digunakan di kehidupan sehari - hari. Maka dari itu, kita perlu tau gimana caranya menjaga kaos kita agar bahannya tetap awet, selalu nyaman dipake dan tidak mudah pudar atau rusak. Seperti yang mungkin kamu ketahui, teknik mencuci yang tidak tepat sangat berpengaruh dalam masa ketahanan kaos.


Berikut beberapa tips untuk menjaga perawatan kaos anda agar tetap awet dan tentunya nyaman dipakai :


  • Pisahkan Kaos Saat Sebelum Dicuci.

Sebelum kaos dicuci, sebaiknya kamu mesti memisahkan kaos tsb dari warnanya. Yaitu pisahkan antara berwarna Solid Dark dengan yang berwarna Putih. Hal ini mengantisipasi terjadinya warna yang luntur, dan bisa menyatu dengan kaos yang berwarna putih.

Pisahkan juga kaos yang terlihat sangat kotor, dengan kaos yang tidak begitu kotor.


  • Jangan merendam kaos terlalu lama

Proses perendaman kaos tidak boleh dilakukan terlalu lama, karena hal tersebut jelas akan mempengaruhi kondisi bahan kaos. Sebaiknya merendam kaos tidak lebih dari 30 menit karena jika dibiarkan terlalu lama, deterjen yang digunakan untuk pencucian kaos malah akan membuat serat kain pada kaos menjadi rapuh karena kandungan zat kimia pembersih yang ada didalamnya.


Hal lain dari perendaman kaos yang terlalu lama, akan menyebabkan kaos menjadi bau apek, kaos mudah luntur, kaos akan mudah melar, dan tentunya kaos menjadi tidak awet.


  • Jangan Gunakan pemutih

Kaos combed tidak boleh dicuci menggunakan pemutih atau bleaching. Meskipun kaos yang dibleaching warna putih, hal tersebut akan membuat warna putih asli dari kaos tersebut akan memudar, alhasil lama kelamaan kaos kamu akan terlihat lebih lusuh.







  • Jangan menyikat kaos

Saat mencuci kaos, usahakan jangan menyikat langsung kaos tersebut, apalagi jika terlalu keras. Hal tersebut dapat merusak pori-pori dan serat benang dari baju. Cuci dengan tangan merupakan hal yang cukup efektif untuk mencegah kaos menjadi tidak awet.



  • Jemur dengan keadaan terbalik.

Jangan pernah menjemur kaos menghadap ke arah terik matahari secara langsung, hal tersebut dapat membuat warna kaos mudah memudar dan juga mudah berbulu. Maka alangkah baiknya saat menjemur kaos harus dibalik terlebih dahulu dengan cara mengeluarkan bagian dalam ke luar, agar sablon dan warna kaos tidak langsung terpapar sinar matahari.


Berikut penjelasan tentang Tips Merawat Kaos yang Benar agar kaos tetap nyaman dipakai dan tentunya awet. Selain itu, setelah kamu mengetahui tips diatas, maka kamu pun setidaknya akan tau kaos dengan bahan yang berkualitas. Karna biasanya jika kualitas kaos yang kamu pakai itu bagus, maka tingkat keawetannya pun akan sama bagusnya.


Almegatex Knitted Fabric Outlet menyediakan semua Jenis Kategori dari Kain Bahan Kaos Cotton Combed, Cotton Carded, CVC Jersey, CVC Lacoste Pique, Cotton Bamboo dan TENCEL™ Modal Premium Cotton. Tidak hanya itu, Almegatex juga menyediakan kain bahan jaket seperti Cotton Babyterry, Cotton Fleece, CVC Babyterry dan CVC Fleece.


Bila Mitra Almega ingin bertanya lebih lanjut Perihal Bahan Kain Kaos dan Jaket silahkan Jangan Sungkan untuk Datang ke lokasi Almegatex Knitted Fabric Outlet di di Jalan Terusan Pasir Koja No.317 Bandung atau bisa hubungi langsung Whatsapp Admin Al Klik Disini atau bisa juga langsung Download E-Katalog GRATIS Klik Disini.


Semoga Artikel dari Mimin ini bisa menjadi Informasi, Tambahan Ilmu, Referensi dan Pembelajaran serta Bermanfaat untuk Mitra Almega. Terima Kasih sudah Menjadi Mitra Almega dan Berlangganan Bahan Kaos dari Almegatex.


Artikel yang Bersangkutan :




Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page