Proses Pembuatan Kaos Part 1 : Proses Pemotongan Kain Bahan Kaos

Diperbarui: 2 Nov

Pemotongan Kain Bahan Kaos adalah proses Pertama dan Paling Penting dari Proses Pembuatan Kaos karena harus memanfaatkan Kain Bahan kaos dengan optimal untuk Meminimalisir limbah sisa kain potongan dan menghasilkan lebih banyak hasil kaos yang didapatkan.

Seperti yang kita tahu bahwa Kain Bahan untuk membuat Kaos sangatlah banyak. Mulai dari Cotton Combed, Cotton Carded, CVC, TENCEL™ Modal Premium Cotton, Cotton Bamboo dan masih banyak lagi Kain Bahan untuk membuat kaos lainnya. Tapi kali ini Mimin akan bahas tentang detail dari kain bahan kaos, di artikel ini mimin akan share Proses pembuatan kaos nya. Mimin akan bagi tema artikel Proses Pembuatan Kaos ini menjadi 3 Part agar artikel yang dimuat tidak terlalu panjang dan padat informasi. Dari mulai Proses Pemotongan Kain Bahan Kaos, Proses Penyablonan hingga Proses Penjahitan Kain Bahan Kaos. Untuk diartikel pertama ini mimin akan menjelaskan tentang Proses Pemotongan Kain Bahan Kaos yang baik dan benar. Mari simak penjelasannya.


Proses Pemotongan Kain Bahan Kaos

(CUTTING DEPT)


Pemotongan Kain Bahan Kaos adalah proses pertama dan paling penting dari Proses Pembuatan Kaos karena harus memanfaatkan Kain Bahan kaos dengan optimal untuk meminimalisir limbah sisa kain potongan dan menghasilkan lebih banyak hasil kaos yang didapatkan. Maka dari itu perlunya keahlian yang sangat apik dan terampil untuk meminimalisir adanya kesalahan yang terjadi pada proses ini. Mari kita mulai untuk proses pertama dari Pemotongan Kain Bahan Kaos.


1. MARKING

Marker adalah lembar kertas yang berisi susunan gambar pola-pola komponen pakaian seperti Pola Badan Depan, Pola Badan Belakang dan Pola Tangan yang disusun secara efisien untuk meminimalisir limbah sisa kain bahan yang terbuang. Media untuk membuat Marker biasanya terbuat dari Pattern Paper/Kertas Pola atau dapat diganti menggunakan Duplex, Art Paper, Karton Tebal dan HVS. Pembuatan Marker dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan cara Manual/Dijiplak (Digambar Ulang) dan cara Print dengan menggunakan Pola yang sudah disesuaikan menggunakan Software Khusus pada komputer. Pembuatan Marker tidaklah mudah seperti yang dibayangkan karena harus sesuai dengan Lebar Kain agar mendapatkan hasil yang sangat optimal dan tidak banyak menyisakan limbah sisa kain bahan/potongan.


2. SPREADING

Spreading atau biasa disebut dengan menggelarkan kain adalah meletakkan lembaran-lembaran kain pada meja potong dengan panjang tertentu yang telah sisesuaikan dengan Marker/Pola Komponen pakaian dan ditumpuk. Proses dilakukan bisa dengan cara manual atau menggunakan mesin, hal yang perlu diperhatikan dalam proses ini adalah kerataan lembaran sisi Kain Bahan yang ditumpuk, jumlah lembaran kain yang ditumpuk dibatasi oleh kemampuan alat potong yang tersedia.


3. RELAKSASI

Proses Relaksasi adalah Proses Kain Bahan Kaos yang sudah Mitra Almega beli harus dibuat relax dulu dengan cara kain diurai dari kemasan lalu selama 12 jam-24 jam agar Dimensi Kain Bahan Kaos Stabil sebelum dipotong. Proses ini dilakukan agar tidak terjadinya resiko berubahnya ukuran pada komponen bahan hasil potongan nanti dan ini berdampak pada ketidak sesuaian ukuran pakaian yang akan dibuat.


4. PROSES POTONG

Proses akhir dari rentetan alur proses diatas adalah Proses Pemotongan Kain Bahan yang sudah disiapkan setelah melalui Proses Marking, Relaksasi dan Spreading. Pemotongan Kain Bahan biasanya menggunakan Mesin agar Proses Pemotongan lebih cepat dengan hasil yang lebih maksimal. Mesin yang biasa digunakan adalah Straight Knife Cloth Cutting.


Penjelasan Proses Pembuatan Kaos Part 1 : Proses Pemotongan Kain Bahan Kaos Mimin sudahi dulu sampai disini, untuk artikel selanjutnya Proses Pembuatan Kaos Part 2 : Proses Sablon. Sekian dari Mimin semoga menjadi Informasi, Tambahan Ilmu, Referensi dan Pembelajaran serta Bermanfaat untuk Mitra Almega.


Untuk informasi Pemesanan Kain Bahan, Promo dan Konsultasi seputar Kain Bahan Kaos atau Jaket, Mitra Almega bisa Hubungi Whatsapp Official Almegatex Klik Disini. Atau Download E-Katalog Gratis untuk melihat Warna untuk kebutuhan Kain Bahan Kaos atau Jaket yang cocok untuk Produksi dari Mitra Almega silahkan Klik Disini.


Terima Kasih sudah menjadi Mitra Almega dan Berlangganan Bahan Kaos dan Jaket dari ALMEGATEX.

26 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Masuknya Kaos ke Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang, pertama kali dibawa masuk oleh orang-orang belanda hingga industri kaos krea