top of page

ROYAL BLUE "Si Warna Keluarga Kerajaan"

Diperbarui: 6 Jan 2023

Royal Blue selalu diidentikan dengan warna dari Keluarga Kerajaan karena terlihat Mewah dan Elegan. Sesuai dengan namanya, warna ini pertama kali digunakan pada Gaun Ratu Charlotte II.

Biru adalah salah satu warna primer additif dari ketiga jenis warna dasar selain warna merah dan kuning yang menciptakan turunan jutaan warna lainnya. Warna Biru banyak sekali disukai oleh pria karena memiliki kesan mewah dan elegan dengan karakter yang maskulin tetapi tenang. Warna Biru memiliki turunan warna biru-biru lainnya seperti biru muda, biru dongker, biru langit, biru laut, biru navy, biru mineral dan masih banyak lagi. Tetapi kali ini Mimin akan membahas tentang warna Biru yang sangat menarik dari segi warna dan sejarahnya yaitu Royal Blue atau BENHUR.


Sejarah ROYAL BLUE/Biru BENHUR

Mendengar warna Royal Blue pasti Mitra Almega akan menebak bahwa warna ini berasal dari Kerajaan, memang tebakan Mitra Almega tepat sekali karena memang warna ini pertama dikenal oleh Ratu Charlotte di abad ke-19. Royal Blue pertama kali dibuat oleh seorang Pedagang Pakaian dari Somerset yang mengikuti kompetisi membuat Gaun Tercantik untuk Ratu Charlotte II dan akhirnya memenangkan kompetisi itu dan Gaun yang dibuat langsung dipakai oleh Ratu Charlotte II sebagai Gaun kesukaaannya dan memakainya di acara Besar Kerajaan yang mengundang kerajaan-kerajaan lain. Secara tidak langsung pada saat itu Eatu Charlotte telah mengenalkan warna Gaunnya itu kepada khalayak banyak sehingga mereka menyebutnya dengan nama Royal Blue. Royal Blue adalah warna turunan dari warna Biru yang ditambahkan sedikit warna hitam sehingga sedikit lebih tua dari warna biru biasanya namun lebih muda dari warna Biru Dongker dan Navy. Sekilas warna Royal Blue mirip dengan warna Biru Dongker tetapi bila diamati dengan seksama warna Royal Blue memiliki Saturrasi yang lebih tinggi dan bila disandingkan akan membuat kombinasi warna analog atau turunan warna paling dekat.



Royal Blue memiliki nama lain yaitu Biru BENHUR. Konon pada tahun 1960-an terdapat Film Sejarah Kolosal Berjudul “BEN-HUR” yang mengisahkan tentang seorang Pahlawan yang berpenampilan gagah dengan mengenakan Tunik Romawi dan Cape Mantel berwarna Royal Blue. Namun orang-orang pada saat itu tidak mengetahui nama warna Biru yang seperti dikenakan oleh Pahlawan dalam Film BEN-HUR itu, sehingga pada saat itu untuk mempermudah menunjukan warna tersebut dikatakanlah dengan nama Biru BENHUR yang mengacu pada warna Royal Blue.



Psikologi Warna Royal Blue

Jika dilihar dari sisi Psikologi, Warna Royal Blue diyakini mampu memberikan nuansa dan kesan yang Elegan, Tenang, Dingin, Jernih, Berkelas, Profesional dan Kepercayaan. Sebagaimana kita tau bahwa Warna dapat mempengaruhi Psikologi, Emosi serta Cara Bertindak dari seseorang. Dalam dunia Marketing dan Ilmu Komunikasi Visual, warna bisa menjadi sebuah bentuk komunikasi non-verbal yang bisa diungkapkan pesan secara instan dan lebih bermakna. Hal inilah yang mendasi pemakaian warna tertentu untuk Produk dan Logo dari sebuah Perusahaan yang memperkuat kesan visi dan misi yang diusung oleh perusahaan tersebut. Dengan melihat dari sisi psikologi warna Royal Blue yang memiliki karakter seperti itu banyak sekali perusahaan yang memakai warna ini untuk Produk dan Logo Perusahaannya.



Almegatex memiliki warna Royal Blue atau Benhur pada beberapa produk seperti pada Cotton Combed 24s dan 30s












Serta terdapat pula warna Royal Blue atau Benhur pada CVC 24s Lacoste Pique yang pastinya dapat menambah lengkap daftar warna produk dari Mitra Almega











Sekian penjelasan Admin tentang Warna Royal Blue, semoga menjadi Sumber Informasi, Tambahan Ilmu, Referensi dan Pembelajaran serta Bermanfaat untuk Mitra Almega. Apapun jenis Sablonnya tetap pakai Bahan Kaos dan Jaket dari Almegatex untuk meunjang Produk Mitra Almegatex.


Untuk informasi Pemesanan Kain Bahan, Promo dan Konsultasi seputar Kain Bahan Kaos atau Jaket, Mitra Almega bisa Hubungi Whatsapp Official Almegatex Klik Disini. Atau Download E-Katalog Gratis untuk melihat Warna untuk kebutuhan Kain Bahan Kaos atau Jaket yang cocok untuk Produksi dari Mitra Almega silahkan Klik Disini.


Terima Kasih sudah menjadi Mitra Almega dan Berlangganan Bahan Kaos dan Jaket dari ALMEGATEX.

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page