top of page

Tanaman yang paling banyak digunakan untuk menjadi Kain

Tanaman yang termasuk dalam genus Gossypium dan merupakan tanaman asli daerah tropis dan sub tropis ini adalah Kapas. Sekitar 58% Pakaian yang digunakan terbuat dari Kain Katun dengan serat benang yang terbuat dari tanaman kapas yang dianyam. Para arkeolog hanya dapat memperkirakan bahwa pemanfaatan kapas sudah ada sejak 8000 tahun yang lalu lewat penemuan sisa-sisa kain katun di gua-gua di Negara Meksiko

Apakah Mitra Almega tahu fakta bahwa Tanaman Kapas menjadi Tanaman yang paling banyak digunakan menjadi kain yang disebut dengan Katun. Sekitar 58% Pakaian yang digunakan terbuat dari Kain Katun dengan serat benang yang terbuat dari tanaman kapas yang dianyam.



Mengenal Kapas lebih dalam dan sejarah pemanfaatannya sebagai bahan baku kain


Tanaman kapas termasuk dalam Genus Gossypium dan merupakan tanaman asli daerah tropis dan sub tropis. Tekstur kapas mengandung serat lembut dan ada biji di dalamnya. Serat itulah yang nantinya dipisahkah dari biji bunga kapas dan digunakan untuk membuat kain katun. Tujuan awal pembuatannya adalah agar kain tersebut nyaman digunakan pada iklim tropis yang cenderung hangat.


Tidak diketahui pasti kapan kapas dimanfaatkan menjadi serat alami pembuat kain, para arkeolog hanya dapat memperkirakan bahwa pemanfaatan kapas sudah ada sejak 8000 tahun yang lalu lewat penemuan sisa-sisa kain katun di gua-gua di Negara Meksiko. Diperkirakan pula bahwa Kapas pertama kali dibudidayakan oleh masyarakat pada Peradaban Lembah Indus pada sekitar tahun 3000SM. Dari sini cara mengubah serat kapas menjadi kain mulai berkembang dan menyebar hingga sampai saat ini.


Alasan Kain Katun banyak digemari

Kain Katun menjadi pilihan material yang sangat baik saat digunakan untuk membuat pakaian, sekitar 58% pakaian didunia ini dibuat dari Kain Katun yang berbahan dasar Kapas. Katun digemari oleh masyarakat karena beberapa alasan, yaitu :


1. Tekstur yang Halus dan Lembut

Karena berbahan dasar kapas, menjadikan kain katun memiliki Tekstur yang Halus dan Lembut. Kapas sangat mudah diproses menjadi benang dan kain dan sangat berkualitas. Hasil rajutan kain dari bahan baku kapas memiliki ciri-ciri rata, padat dan tidak kasar serta tersusun rapi.


2. Ramah Lingkungan

Kain Katun termasuk kain yang ramah lingkungan karena sumber bahan bakunya yaitu kapas bersalah dari sumber yang dapat diterbarukan yakni tanaman yang tumbuh kembali dan dapat ditanam kembali


3. Adem dan Sejuk (Breathable)

Kain katun memiliki rongga-rongga tipis pada kain yang sekilas tidak kasat mata. Rongga-rongga tipis ini berfungsi sebagai keluar masuknya udara kedalam baju agar ketika mengenakan baju tidak gerah atau panas. Dengan adanya rongga-rongga tipis ini membuat kain katun memiliki sifat Adem dan Sejuk


4. Ringan dan Nyaman

Serat Kain katun memiliki struktur yang tipis dan halus yang menghasilkan kesan ringan pada hasil kain. Struktur inilah yang menimbulkan karakter Ringan dan Nyaman saat digunakan pada Kain Katun


5. Bahannya Kuat dan Tahan Lama

Kapas adalah tanaman yang halus dan lembut, tetapi ketika diproses menjadi serat untuk kain merubah sifat asli kapas menjadi sangat kuat dan tahan lama bahkan saat basah kekuatannya dapat meningkat 30%.


6. Memiliki Daya Serap yang Baik

Kapas sangat terkenal dapat menyerap air dalam jumlah yang besar, bahkan dapat menahan 24-27 kali berat kainnya sendiri. Kapas juga sangat mudah dikeringkan walaupun cepat dalam menyerap air. Sifat kapas ini yang dimanfaatkan karena sangat berguna untuk menyerap keringat saat menggunakan pakaian dikala berolahraga atau berjalan dibawah terik matahari.


7. Aman untuk Kulit yang Sensitif

Kain katun memiliki sifat Hipoalergenik dan secara alami cocok dijadikan sebagai pilihan yang baik untuk orang-orang dengan kulit sensitif atau alergi tertentu


Sekian penjelasan admin tentang Tanaman yang paling banyak digunakan menjadi kain yaitu Tanaman Kapas. Semoga Artikel ini dapat menjadi sumber Inspirasi, Informasi, Tambahan Ilmu, Referensi dan Pembelajaran serta Bermanfaat untuk Mitra Almega.


Untuk informasi Pemesanan Kain Bahan, Promo dan Konsultasi seputar Kain Bahan Kaos atau Jaket, Mitra Almega bisa Hubungi Whatsapp Official Almegatex Klik Disini. Atau Download E-Katalog Gratis untuk melihat Warna untuk kebutuhan Kain Bahan Kaos atau Jaket yang cocok untuk Produksi dari Mitra Almega silahkan Klik Disini.


Terima Kasih sudah menjadi Mitra Almega dan Berlangganan Bahan Kaos dan Jaket dari ALMEGATEX.

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page