top of page

24 Jenis-Jenis Sablon

Sablon adalah salah satu teknik proses cetak yang menggunakan Screen (Layar) dengan kerapatan tertentu dan umumnya Screen yang digunakan berbahan dasar Nylon atau Sutra (Silk Screen) untuk mencetak Gambar atau Tulisan pada Media Kaos, Topi, Plastik dan lain-lain.

Hallo Mitra Almega….

Sablon merupakan salah satu elemen penting dalam dunia fashion khususnya Distro dan Clothingline yang memproduksi Kaos. Sablon sangat penting karena menjadi pembeda dari sebuah brand dengan brand yang lain atau bahkan menjadi sebuah Identitas Brand itu sendiri. Para pengrajin Kaos berlomba-lomba untuk mendesign kaos dengan sablon yang unik dan elegan agar Brand nya semakin banyak diminati oleh para pengguna kaos. Persaingan Brand-brand kaos semakin hari semakin ketat dan ini menuntut para Pengrajin Kaos untuk terus berinovasi dan kreatif untuk mendesign kaosnya agar terus banyak diminati oleh para pengguna kaos.

Nah, kali ini Admin akan berbagi informasi tentang sablon untuk rekomendasi Mitra Almega berinovasi dalam produknya. Yuk simak penjelasannya….


1. Sablon Plastisol

Mungkin jenis sablon Plastisol sudah banyak diketahui oleh Mitra Almega, pasalnya jenis sablon satu ini paling banyak digunakan dalam penyablonan kaos karena memang kelebihan dari sablon ini selain kuat juga tahan lama. Sablon Plastisol juga dapat digunakan tidak hanya pada kaos, tetapi bisa pada jaket, celana dan sandal.


2. Sablon Rubber

Sesuai dengan namanya, jenis sablon satu ini memiliki karakteristik seperti karet. Sablon satu ini dikenal karena banyak memiliki kelebihan saat dalam tahap penyablonan yang cepat, hasil yang bagus serta memiliki harga yang relative lebih murah dari jenis sablon yang lain.



3. Sablon Polyflex

Polyflex banyak digunakan pada jenis pakaian olah raga seperti Kaos Jersey karena sifatnya yang seperti stiker dan dapat menjadi pilihan utama ketika ingin membuat kaos satuan. Sablon Polyflex sangat simpel ketika saat proses penyablonan karena menggunakan alat sablon digital printer untuk membuat gambarnya dan setelah gambar jadi hanya perlu menempelkan hasil printing pada kaos menggunakan mesin press.


4. Sablon DTG

Direct To Garment jelas termasuk ke dalam jenis sablon digital menggunakan Mesin Printer Khusus Kaos untuk melakukan penyablonannya. Prosesnya sama seperti melakukan print pada kertas, hanya saja media nya berbeda yaitu kaos. Jenis print kaos satu ini sangat praktis untuk membuat kaos satuan atau kuantitas yang sedikit.


5. Sablon Discharge

Sablon Discharge atau akrab dengan sebutan Sablon Cabut Warna adalah salah satu Teknik Sablon Manual dengan hasil yang sangat bagus. Karakter atau ciri khas sablon Discharge adalah permukaan kain yang rata walaupun setelah disablon karena tinta sablon khusus yang digunakan dalam teknik ini dapat menyerap masuk ke dalam kain bukan ada di permukaan kain. Sablon ini hanya dapat digunakan pada Kaos berbahan 100% Cotton dengan teknik Pencelupan warna Reaktif seperti pada Semua Bahan Kaos yang ada di Almegatex.


6. Sablon High Density

High Density termasuk Teknik Sablon Manual dengan hasil sablon Timbul seperti pada gambar 3 Dimensi. Pengerjaan sablon High Denisty sama seperti sablon biasa hanya saja menggunakan jenis Tinta Khusus dan Screen yang tebal untuk mendapatkan hasil sablon menonjol seperti 3 Dimensi.


7. Sablon Foam/Puff

Hasil sablon satu ini sangat unik karena hasil sablonnya timbul mengembang seperti busa. Dasar tinta pada teknik sablon ini bisa menggunakan tinta plastisol atau rubber tetapi hasil keduanya pasti akan berbeda serta tergantung pada komposisi tinta dasar dengan tinta foam nya.







8. Sablon Foil

Teknik sablon dengan menggunakan tinta lem yang disablon pada kaos lalu ditutupi dengan kertas foil yang mengkilap dan dilakukan press hingga kertas foil menelpel sempurna pada kaos. Hasil sablon satu ini sangat mengkilap dan biasanya banyak digunakan pada kaos wanita karena terkesan Glamour. Jenis warna yang sering terlihat pada hasil sablon foil adalah warna emas dan perak, tetapi warna sablon foil banyak sekali variannya seperti merah, hijau, biru atau warna-warna lain yang unik dan mengkilap.





9. Sablon Glitter

Teknik sablon satu ini menggunakan tinta dasar khusus yang berwarna bening yang disatukan dengan bubuk Glitter agar mendapatkan hasil sablon yang elegan dengan titik-titik Glitter yang mengkilap. Sama seperti Foil, sablon ini banyak terdapat pada Kaos wanita karena terlihat Glamour.

10. Sablon Glow In The Dark

Seperti namanya sablon ini dapat menyala dalam gelap yang memberikan efek kaos yang sangat unik dan elegan. Teknik sablon satu ini menggunakan tinta dasar khusus untuk Glow In The Dark yang dicampurkan dengan bubuk Glow In The Dark yang dapat menyerap sinar UV dan menyimpannya beberapa saat. Inilah mengapa sablon Glow in the dark dapat menyala dalam gelap.

11. Sablon Pigmen

Sablon Pigmen merupakan salah satu sablon yang paling banyak digunakan karena harganya yang sangat murah. Tinta sablon pigmen sangat rentan akan warna bahan kaosnya. Pasalnya tinta sablon pigmen hanya akan terlihat maximal warnanya ketika disablonkan pada bahan kaos dengan warna cerah saja, bila diaplikasikan pada bahan kaos berwarna gelap maka hasilnya akan kurang maximal bahkan hanya terlihat seperti noda yang mengotori kaos.

12. Sablon Thermochromic

Salah satu sablon unik yang Mimin rekomendasikan untuk inovasi produk dari Mitra Almega semua yaitu Sablon Thermochromic. Sablon satu ini sangat unik karena terdapat 2 warna dalam satu sablon yang sensitiif dengan suhu panas dan dingin. Saat dingin akan mengeluarkan warna dasarnya dan saat terkena panas akan mengeluarkan warna lain. Walaupun dalam segi harga termasuk mahal tetapi dari segi keunikan dan kualitas yang dihasilkan masih sepadan.

13. Sablon Reflektif

Sablon Reflektif adalah kebalikan dari Sablon Glow In The Dark. Bila sablon Glow In The Dark dapat bercahaya dalam gelap, maka sablon Reflektif akan bercahaya dengan cara memantulkan cahaya yang menyinari permukaan sablon tersebut. Efek pemantulan cahaya dari permukaan sablon akan semakin terlihat saat dalam keadaan gelap atau minim cahaya disekitarnya.



14. Sablon Sublimation Transfer

Sablon Sublimation Transfer adalah teknik sablon digital dengan mencetak gambar pada media cetak dengan menggunakan mekanisme panas. Teknik sablon satu ini juga banyak digunakan karena ketajaman warna dan gambar yang dihasilkan.



15. Sablon Asphalt

Tinta dasar dari sablon ini menggunakan tinta Plastisol, hanya saja memerlukan teknik khusus saat proses pengeringannya tidak memakai mesin press melainkan menggunakan mesin curing /pengering tinta sablon khusus plastisol. Sehingga permukaan sablon tidak halus melainkan kasar dan terdapat efek retakan seperti aspal jalan.

16. Sablon Caviar

Sablon Caviar merupakan salah satu jenis sablon yang unik karena hasil dari sablon ini bertekstur bulatan-bulatan tak beraturan seperti telur ikan salmon pada permukaan sablon yang menambahkan kesan Ekslusive dan Mewah. Sablon satu ini jarang digunakan karena selain memerlukan tinta khusus, sablon satu ini juga memerlukan keahlian khusus dan alat-alat khusus juga untuk menghasilkan jenis sablon satu ini.

17. Sablon Distressed Vintage

Jenis sablon satu ini memiliki hasil sablon gambar yang pecah-pecah dengan pewarnaan tidak rata seperti kaos jaman dulu/vintage. Hal ini dilakukan dengan sengaja agar nuansa kaos jadul/vintage nya lebih terasa.


18. Sablon Flocking

Teknik sablon Flocking memiliki tekstur hasil sablon yang Timbul dan Berbulu yang memberikan kesan Elegan dan Mewah. Jenis sablon Flocking memiliki 2 cara pengerjaan antara manual dan digital. Bila dengan menggunakan cara manual harus melalui proses menyablon lem khusus sebagai perekat pada permukaan kaos lalu menaburkan bulu-bulu halus yang akan menempel pada permukaan kaos yang terdapat lem khususnya lalu dilakukan pengepressan. Cara digital lebih mudah karena menggunakan lembaran kertas flocking yang sudah terdapat bulu dan lem khususnya, Mitra Almega tinggal menyesuaikan dengan design yang diinginkan lalu dicutting menggunakan mesin khusus dan tahap akhirnya tinggal melakukan press pada permukaan kaos.

19. Sablon Photochromic

Sablon Photochromic sangat unik dikarenakan untuk melihat hasil sablonnya harus pada tempat yang terang karena bila pada tempat yang minim atau gelap tidak akan terlihat dengan jelas gambar dari hasil sablonnya.








20. Sablon Photopia

Serupa tetapi tidak sama dengan Glow In The Dark dan Thermochromic, pasalnya sablon Photopia dapat berubah warna dengan menyesuaikan warnanya dengan pencahayaan yang ada seperti bunglon. Perubahan warna yang ada pada Sablon Photopia tidak merata dan hanya terjadi pada permukaan yang terkena cahaya saja.




21. Sablon Plasticharge

Perpaduan antara Plastisol dan Discharge/Cabut Warna, pasalnya sablon ini adalah perkembangan dari sablon Discharge yang awalnya menggunakan waterbase menjadi oil base agar warna dan gambar lebih tajam serta awet dan tahan lama. Untuk tekstur sama dengan Discharge yang menyerap ke dalam serat kaos hingga rata dengan kaos.


22. Sablon Rockbase

Serupa dengan sablon High Density, hanya saja permukaan pada Sablon Rockbase Kasar seperti permukaan pada batu karena tinta yang digunakan memang berbeda dengan High Denisty meskipun sama dan serupa dalam prosesnya.










23. Sablon Sugar Printing

Hasil sablon Sugar Printing memiliki tekstur berpasir transparan seperti gula. Untuk cara penyablonannya sendiri serupa dengan Sablon Caviar yang memerlukan alat dan teknik khusus.










24. Sablon Super White

Untuk jenis sablon terakhir adalah Sablon Super White. Jenis sablon Super White memiliki kemiripan dengan Sablon Pigmen, perbedaannya terdapat pada kualitas yang dihasilkan karena sablon Super White memiliki sifat yang lebih transparan dan dapat diaplikasikan kepada kain kaos berwarna gelap. Walaupun namanya Super White, sablon ini memiliki berbagai jenis warna yang lain tidak hanya putih.


Sekian penjelasan artikel tentang Jenis-Jenis Sablon, semoga menjadi Sumber Informasi, Tambahan Ilmu, Referensi dan Pembelajaran serta Bermanfaat untuk Mitra Almega. Apapun jenis Sablonnya tetap pakai Bahan Kaos dan Jaket dari Almegatex untuk meunjang Produk Mitra Almegatex.


Untuk informasi Pemesanan Kain Bahan, Promo dan Konsultasi seputar Kain Bahan Kaos atau Jaket, Mitra Almega bisa Hubungi Whatsapp Official Almegatex Klik Disini. Atau Download E-Katalog Gratis untuk melihat Warna untuk kebutuhan Kain Bahan Kaos atau Jaket yang cocok untuk Produksi dari Mitra Almega silahkan Klik Disini.


Terima Kasih sudah menjadi Mitra Almega dan Berlangganan Bahan Kaos dan Jaket dari ALMEGATEX.

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua