top of page

Pengertian Tentang PANTONE

Diperbarui: 26 Des 2022

Pantone adalah Perusahaan yang menciptakan Matching System untuk Pencocokan Warna yang digunakan oleh Berbagai Industri , Design, Tekstil dan Percetakan.

Mungkin tidak banyak yang tahu dengan Pantone, tapi tanpa disadari mungkin kita pernah menggunakan Pantone saat memilih warna dalam mencetak atau memilih warna. Mimin akan jelaskan apa itu Pantone?

Pantone adalah sistem paduan/matching warna pertama yang dibuat pada tahun 1963 untuk keperluan design dan percetakan pada masa itu yang disebut dengan Pantone Matching System. Pantone juga bisa dikatakan Panduan Warna Standar dengan total warna lebih dari 1800 warna yang digunaka oleh banyak sekali industri di dunia ini. Warna-warna tersebut dapat dibedakan menggunakan kode yang terdiri dari 3 sampai 4 kode angka diakhiri dengan Kode Huruf U,C atau M. Huruf-huruf ini melambangkan Kode Kertas seperti pada huruf U berarti “Uncoated”, Huruf C berarti “Coated” dan M yang bearti “Matte”.


Pantone menjadi system termudah dan tercepat untuk mengklasifikasikan, mengkomunikasikan dan mencocokan warna dengan katalog warna yang sudah diberikan kode Angka dan Huruf dalam setiap Tone Warnanya. Sistem pencocokan warna Pantone sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di bidang Industri, Design, Tekstil, Percetakan dan masih banyak lagi perusahaan yang berhubungan dengan pencocokan dan perpaduan warna.


Pada tahun 1986, Pantone mendirikan anak perusahaannya yaitu Pantone Colour Institute yang bergerak pada bidang jasa konsultasi warna dan memperkirakan trend warna global disetiap tahunnya. Pantone Colour Institue diakui dunia sebagai Perusahaan yang menjadi acuan trend warna permusim disetiap tahunnya sehingga banyak perusahaan lain yang berkonsultasi dan meminta nasihat tentang warna sebagai Identitas Merk dan Pengembangan Produknya.

Pada tahun 2000, Pantone Colour Institue menciptakan Pantone Colour Of The Year sebagai sebuah konsep Trendsetting untuk keperluan Branding, Marketing, Pengembangan Produk dan Komunitas Kreatif secara keseluruhan dengan meluncurkan warna Cerulean Blue sebagai Pantone Colour Of The Year pertama pada tahun 2000. Pengenalan Pantone Colour Of The Year memperkuat eksistensi Pantone Colour Institute sebagai Pelopor untuk Semua hal yang berhubungan dengan warna.


Semenjak tahun 2000 sampai sekarang, Pantone Colour Institute terus Konsisten menciptakan Pantone Colour Of The Year sebagai sebuah Trendsetting untuk keperluan Branding, Marketing dan Pengembangan Produk setiap tahunnya. Seperti pada tahun 2022 ini Pantone mengeluarkan warna "Very Peri" sebagai Pantone Color Of The Year.











Untuk tahun depan di 2023 Pantone Colour Institute menciptakan warna "Viva Magenta" sebagai Pantone Color Of The Year. Menurut Pantone Colour Institute warna "Viva Magenta" dipilih karena menunjukan Karakter Berani, Optimis dan Warna hidup dengan Kegembiraannya yang mempromosikan perayaan yang Menyenangkan. Warna "Viva Magenta" juga terinspirasi dari seekor serangga "Cochineal Red" yaitu salah satu pewarna alami paling langka dan paling mahal yang disebut Carmyne/Karmin.






Dilansir dari situs resmi Pantone.com ada beberapa jenis warna yang digunakan di seluruh dunia. Jenis-jenis warna ini dibedakan oleh klasifikasi dan kegunaannya, berikut adalah beberapa jenis warna yang ada di Pantone.


1. Pantone for Graphic Multimedia

Pantone Formula Guides dan Solid Chips dibagi 2 antara Coated dan Uncoated. Terdapat 1.867 Solid (Spot) Pantone Matching System untuk mencetak tinta di atas kertas.

(Contoh : PANTONE 185 C, PANTONE Cool Gray 1 U)


2. Pantone Speciality Solid Colours

  • Pantone Metallics

Warna Pantone Metallics direferensikan menggunakan tiga atau empat digit angka dimulai dengan angka “8”, diikuti dengan Huruf “C” untuk menunjukan Kertas berlapis atau Coated. Tidak ada versi Pantone Premium Metallics Colours yang tidak berlapis.

(Contoh : PANTONE 10286 C)


  • Pantone Premium Metallics

Warna Pantone Premium Metallics direferensikan menggunakan angka lima digit yang dimulai dengan Angka “10” diikuti dengan Huruf “C” untuk menunjukan Kertas berlapis atau Coated. Tidak ada versi Pantone Premium Metallics Colours yang tidak berlapis.

(Contoh : PANTONE 10286 C)


  • Pantone Pastels and Neon

Warna Pantone Pastel dan Neon direferensikan menggunakan angka tiga atau empat digit yang dimulai dengan Angka “9”. Namun ada dua pengecualian : warna dasar neon, yang merupakan angka tiga digit yang diawali Angka “8”, dan warna Pastel, yang diberi nama dengan nama warna deskriptif, diikuti dengan angka empat digit yang diawali dengan Angka “0”. Setiap warna memiliki akhiran Hururf “C” sebagai kode untuk Kertas berlapis atau Coated dan akhiran Huruf “U” sebagai kode untuk Kertas tidak berlapis.

(Contoh : PANTONE 915 U, PANTONE Yellow 0131 C)


3. CMYK / Four-Colors Process

Pantone CMYK/Four-Colors Process dibagi 2 tipe menjadi tipe Coated dan Uncoated yang memiliki 3.000 warna CMYK yang tidak berhubungan dengan Pantone Matching System. Pengkodean warna satu ini dimulai dengan Huruf “P” yang diikuti dengan satu sampai 3 digit Angka. Setiap warna memiliki akhiran Hururf “C” sebagai kode untuk Kertas berlapis atau Coated dan akhiran Huruf “U” sebagai kode untuk Kertas tidak berlapis.

(Contoh : PANTONE P 11-4 C, PANTONE P 69-15 U)


4. Pantone Color Bridge Coated or Uncoated

Panduan ini memberikan perbandingan tercetak berdampingan dari Warna Sistem Pencocokan Pantone solid dan proses empat warna terdekat yang setara. Simulasi proses diidentifikasi dengan menggunakan nama atau nomor warna solid, diikuti dengan "CP" untuk dilapisi atau "UP" untuk tidak dilapisi.

(Contoh : PANTONE 185 CP, PANTONE 425 UP)


5. Pantone Extended Gamut Coated Guide

Panduan Pantone Extended Gamut Coated berisi 1.729 simulasi tujuh warna dari Warna Sistem Pencocokan Pantone padat (spot) yang dicetak pada stok berlapis. Sebagian besar warna ini dirujuk menggunakan angka tiga atau empat digit diikuti dengan XGC. Ada juga sejumlah kecil warna bernama, seperti tujuh warna dasar seperti PANTONE Process Magenta C atau PANTONE XG Orange C. Akhiran huruf mengacu pada jenis proses: "XG" untuk Extended Gamut dan "C" untuk kertas berlapis atau gloss yang dicetak.

(Contoh : PANTONE 7662 XGC, PANTONE 347 XGC)


6. Pantone Fashion, Home and Interiors Paper, Cotton and Nylon Guides and Standards

Nomor referensi warna dalam sistem ini terdiri dari dua digit diikuti dengan tanda hubung dan empat digit dengan akhiran TPX atau TC. TPX menunjukkan bahwa referensi tersebut dicetak di atas kertas, TC menunjukkan bahwa referensi tersebut adalah kapas yang diwarnai. Setiap warna juga memiliki referensi nama alfa sebagai pengidentifikasi sekunder. Sekarang dalam formulasi ramah lingkungan yang ditunjukkan dengan akhiran warna TPG. Edisi baru Panduan Warna ini menghadirkan 2.310 Warna Mode, Rumah + Interior yang dibuat dari formulasi baru yang lebih ramah lingkungan dan sufiks Nomor Warna Pantone baru, TPG (Kertas Tekstil – “Hijau”).

(Contoh : PANTONE 14–4510 TPX or Aquatic, PANTONE 15–1247 TCX or Tangerine)


7. Pantone Plastics Selector Chips

Referensi pemilihan warna Pantone Plastics dilambangkan dengan Q atau T diikuti dengan angka tiga digit, tanda hubung, dan dua digit tunggal yang dipisahkan oleh tanda hubung. Q dan T masing-masing menandakan warna buram dan transparan.

(Contoh : PANTONE Q270–2–4, PANTONE T925–5–5)


8. Pantone Plastics Standard Chips (Large Plastic Chips)

Pantone Plastic dicocokkan dengan warna di Pantone Matching System atau Pantone Fashion, Home + Interiors Color System. Keripik memiliki dua tingkat ketebalan yang dibuat menggunakan resin Polypropylene.


Referensi warna Plastik Pantone yang cocok dengan Sistem Pencocokan Pantone dilambangkan dengan PQ diikuti dengan tanda hubung dan nomor warna tiga atau empat digit (sesuai dengan Sistem Pencocokan Pantone) ditambah "C". Referensi warna PANTONE Plastic Standard Chips yang cocok dengan Pantone Fashion, Home + Interiors Color System dilambangkan dengan PQ diikuti dengan tanda hubung, dua digit, tanda hubung kedua, dan empat digit terakhir dari Fashion yang cocok, Home + Interiors plus memiliki akhiran TCX.

(Contoh : PANTONE PQ-185C, PQ-19-4007TCX)


Sekian penjelasan admin tentang Apa itu Pantone, semoga menjadi Sumber Informasi, Tambahan Ilmu, Referensi dan Pembelajaran serta Bermanfaat untuk Mitra Almega. Apapun jenis Sablonnya tetap pakai Bahan Kaos dan Jaket dari Almegatex untuk meunjang Produk Mitra Almegatex.


Untuk informasi Pemesanan Kain Bahan, Promo dan Konsultasi seputar Kain Bahan Kaos atau Jaket, Mitra Almega bisa Hubungi Whatsapp Official Almegatex Klik Disini. Atau Download E-Katalog Gratis untuk melihat Warna untuk kebutuhan Kain Bahan Kaos atau Jaket yang cocok untuk Produksi dari Mitra Almega silahkan Klik Disini.


Terima Kasih sudah menjadi Mitra Almega dan Berlangganan Bahan Kaos dan Jaket dari ALMEGATEX.


2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page