Proses Pembuatan Kaos Part 3 : Proses Menjahit Kain Bahan Kaos

Proses Menjahit Kain Bahan Kaos adalah untuk menyatukan Kain Bahan Kaos yang sudah Dipotong menjadi beberapa bagian seperti bagian tangan, bagian badan depan dan bagian badan belakang sesuai pola sehingga menjadi sebuah Kaos yang utuh.

Hallo.... Mitra Almega. Kali ini Mimin akan jelasin tentang Proses Pembuatan Kaos Part 3 : Proses Menjahit Kain Bahan Kaos, ini adalah Bagian terakhir dari Rentetan Artikel tentang Proses Pembuatan Kaos bila Mitra Almega belum membaca Part 1 dan Part 2 nya Mimin sarankan untuk membacanya terlebih dahulu. Silahkan Klik link dibawah ini untuk Membaca Bagian 1 dan Bagian 2 :


- Proses Pembuatan Kaos Part 1 : Proses Pemotongan Kain Bahan Kaos

- Proses Pembuatan Kaos Part 2 : Proses Penyablonan Kain Bahan Kaos


PROSES MENJAHIT KAIN BAHAN KAOS


Tahap akhir dari Proses Pembuatan Kaos adalah Proses Menjahit Kain Bahan Kaos untuk menyatukan Kain Bahan Kaos yang sudah dipotong sesuai pola dan sudah disablon. Dalam Proses Menjahit Bahan Kaos ini diperlukan beberapa jenis mesin yang biasa digunakan, berikut ini akan Mimin jelaskan tentang Mesin dan Alur Proses Jahitnya.


1. Jahit Obras

Merupakan salah satu mesin pokok yang digunakan dalam proses pembuatan kaos. Mesin ini digunakan untuk menggabungkan bagian lengan dengan badan kaos serta mengunci lipatan kaos yang belum rapi. Mesin Jahit Obras yang bagus digunakan ialah mesin Obras benang 5 karena mesin ini sangat rapi dan juga hasil jahitannya kuat.


2. Mesin Overdeck

Digunakan untuk menjahit bagian lengan dan juga bagian bawah kaos serta merapikan jahitan dengan sempurna diatas permukaan kain. Jahitan yang dibuat menggunakan mesin Overdeck ini umumnya banyak digunakan untuk menjahit kerah kaos bagian dalam sehingga jahitan terlindungi, tidak mudah lepas dan awet.


3. Mesin Jahit Rantai

Digunakan untuk membuat jahitan berpola rantai pada kaos bagian leher dan pundak dari kaos. Hampir semua kaos sudah menggunakan jahitan rantai pada jahitan dibagian pundak.


4. Mesin Pembuat Bis

Digunakan untuk membuat bis kaos atau kain penutup jahitan obrasan pada pundak agar terlihat lebih rapi.


Menentukan kualitas jahitan pada Kaos


Kualitas jahitan kaos dapat dilihat dari kerapihan dan kerapatan jahitannya. Adapun beberapa kriteria yang menjadi faktor dan aspek-aspek penentu kualitas kaos terkait dengan jahitan yang digunakan. Diantaranya :


1. Jahitan pada kaos harus Rapi, Kuat dan Tidak Terputus

  • Jarak antar jahitan bagian sisi satu dengan lainnya sama dan konstan

  • Ketika jahitannya ditarik tidak akan merenggang dan tetap kuat

2. Sambungan antar Jahitan Rapi dan Akurat

  • Jahitan yang berkualitas memiliki sambungan yang sangat rapi dan akurat, terlihat dari sambungan penyatuan antara bagian tangan dan bagian badan

  • Jahitan kaos yang berkualitas baik ditandai menyatunya bagian kaos dengan sempurna dan membentuk persilangan seperti garis tambah (+)

3. Lebar sambungan kaos yang Rapat dan Rapi

  • Semakin kecil jarak antara jahitan sambungan kaos maka kualitas jahitan kaos semakin baik

  • Kualitas benang jahit yang digunakan harus berkualitas bagus dan tidak terputus

  • Kerapatan jahitan rapat dan rapi

  • Semakin rapat jahitan pada kaos maka kaos semakin kuat dan tahan lama

4. Terdapat jahitan rantai pada bagian belakang leher, pundak kanan dan

pundak kiri

5. Pada bagian rib leher menggunakan bahan yang berkualitas baik dan

disambung menggunakan jahitan bis yang rapi sehingga sangat nyaman

ketika digunakan

6. Tidak terdapat benang-benang sisa jahitan yang keluar dari ujung jahitan


Sekian penjelasan artikel tentang Proses Pembuatan Kaos Part 3 : Proses Menjahit Kaos. Sekian dari Mimin semoga menjadi Informasi, Tambahan Ilmu, Referensi dan Pembelajaran serta Bermanfaat untuk Mitra Almega.


Untuk informasi Pemesanan Kain Bahan, Promo dan Konsultasi seputar Kain Bahan Kaos atau Jaket, Mitra Almega bisa Hubungi Whatsapp Official Almegatex Klik Disini. Atau Download E-Katalog Gratis untuk melihat Warna untuk kebutuhan Kain Bahan Kaos atau Jaket yang cocok untuk Produksi dari Mitra Almega silahkan Klik Disini.


Terima Kasih sudah menjadi Mitra Almega dan Berlangganan Bahan Kaos dan Jaket dari ALMEGATEX.

29 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Masuknya Kaos ke Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang, pertama kali dibawa masuk oleh orang-orang belanda hingga industri kaos krea