• AlmegatexOutlet

MENGENAL COTTON COMBED ALMEGATEX

Cotton Combed salah satu jenis bahan kain katun (cotton) yang paling banyak digemari kebanyakan di pasaran khususnya dalam industri konveksi kaos.


Cotton Combed salah satu jenis bahan kain katun (cotton) yang paling banyak digemari kebanyakan di pasaran khususnya dalam industri konveksi kaos. Bahan Cotton Combed banyak dipakai untuk produksi fashion. Cotton Combed memiliki sifat bahan yang lembut, ringan, dan terbuat dari bahan kapas premium, Cotton Combed cocok digunakan di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia karena sifatnya yang menyerap keringat.


Cotton Combed juga ialah satu bahan yang paling umum dijual dan disukai oleh para penggemar kaos adalah bahan kaos Cotton Combed yang sangat laris di pasaran dan telah dijadikan bahan utama untuk kaos yang dijual mulai dari distro hingga kaos premium.


Proses Pengolahan


Bahan Cotton Combed tersendiri merupakan bahan Cotton yang halus dan telah mengalami proses penyisiran (combed) terlebih dahulu sebelum dipintal menjadi gulungan benang.

  • Berasal dari tanaman kapas (cotton)

Gossypium adalah genus tanaman berbunga di suku Gossypieae dari keluarga mallow, Malvaceae, tempat kapas dipanen. Ini asli daerah tropis dan subtropis Dunia Lama dan Baru. Ada sekitar 50 spesies Gossypium, menjadikannya genus terbesar di suku Gossypieae.

  • Serbuk dikumpulkan dari sari kapas

Tanaman kapas tentunya memiliki serbuk sari, yang nantinya dikumpulkan untuk menjadi bahan baku pembuatan bahan kain.

  • Bola Kapas

Proses selanjutnya adalah pengumpulan serbuk sari menjadi bola bola kapas dengan cara digulung hingga menjadi bentuk bola.

  • Penenunan menjadi benang

Bola kapas hasil pengumpulan serbuk sari lalu ditenun hingga menjadi benang ataupun juga menjadi kain.

  • Penjahitan

Benang kain yang sudah melakukan proses pengolahan kemudian menjadi pakaian yang nantinya siap untuk digunakan.



Combing


Merupakan metode untuk mempersiapkan serat katun untuk pemintalan. Sisirnya pun dibagi menjadi sisir linear dan melingkar. Sisir nobel adalah contoh sisir melingkar, dan sisir perancis merupakan contoh sisir linier. Proses penyisiran tersebut dilakukan untuk membuang benang benang yang pendek sehingga tidak tercampur, atau lebih tepatnya menyeleksi benang katun sehingga hanya yang terbaiklah yang tersisa.


Yang perlu anda ketahui, bahan Cotton Combed itu murni 100% bahan Cotton, tidak ada campuran lain seperti polyester dan lain lain.


Keunggulan Combed


Keunggulan bahan Cotton Combed

  • Bahan kaos merupakan bahan yang sangat halus, dan sangat nyaman untuk digunakan.

  • Hasil rajutan tidak berbulu.

  • Tidak mudah kusut

  • Sangat mudah untuk proses sablon

  • Bahan ini juga mudah menyerap keringat sehingga saat digunakan akan terasa adem.

  • Tidak mempunyai campuran zat zat lain ataupun pestisida saat penanaman serat. Sehingga bahannya pun sangat aman untuk digunakan.

sumber artikel : https://blog.porinto.com/kaos-cotton-combed/

Recent Posts

See All